Selasa, 10 Desember 2013

Save Your Blood to Save Their Life



KSR FKM Undip kembali mengadakan kegiatan donor darah yang telah diselenggarakan setiap 3 bulan sekali dalam setahun. Donor darah merupakan
salah satu program kerja yang rutin diadakan. Kegiatan donor darah bekerja sama dengan PMI Semarang atau dengan PMI provinsi. Periode kegiatan donor darah ini diadakan tergantung dengan kondisi, bisa tepat 90 hari atau bisa kurang antara 80-90 hari. Pada periode kali ini donor darah diadakan hari ini pada tanggal 10 Desember 2013 di Gazebo FKM Undip. Tersedia 60 kantung darah bagi pendonor yang akan mendonorkan darahnya. Namun, dari pihak PMI membawa 7 kantung tambahan sehingga total kantung darah menjadi 67 buah. Ada 5 orang tenaga dari PMI yang membantu jalannya kegiatan donor darah. Dengan adanya kegiatan Donor darah ini diharapkan dapat ikut berkontribusi untuk menyelamatkan banyak jiwa yang membutuhkan transfusi darah.

(sumber: doc. pribadi)

Sosialisasi kegiatan donor darah dilakukan menggunakan berbagai macam media, seperti pamphlet atau poster, selebaran, sms, serta melalui social media seperti facebook, twitter, blog/website, dan sebagainya. Sehingga diharapkan sosialisasi ini dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Kegiatan ini juga diramaikan oleh para calon anggota KSR yang sedang magang Divisi Dora(Donor Darah) untuk ikut berkontribusi mansukseskan kegiatan donor darah kali ini.

Untuk melakukan donor darah ada beberapa mekanisme yang harus dilalui oleh calon pedonor. Mekanismenya adalah calon pedonor menuju meja registrasi, setelah itu menjalani tes kesehatan yang berada di depan ruang advokasi. Dalam tes kesehatan ada pemeriksaan tensi darah, berat badan, dan kadar hemoglobin dalam tubuh. Jika berat badan kurang dari 45 kg dan kadar hemoglobin dalam tubuh di bawah 12,5 mmHg maka calon pedonor tidak diperbolehkan melakukan donor darah. Selanjutnya jika telah lolos tes kesehatan maka calon pedonor dapat langsung menuju ke gazebo untuk melakukan donor darah. Setelah donor darah, pedonor mendapatkan doorprize sebuah gantungan kunci dan bunga, selain itu juga akan mendapatkan makanan/snack dan susu.

Bagi siapa saja yang ingin mendonorkan darahnya bisa datang langsung ke fakultas kesehatan masyarakat Undip. Tidak hanya dari mahasiswa FKM, tetapi juga dari fakultas lain dapat berperan serta mendonorkan darahnya. Seperti kata kak Ida, salah satu pengurus KSR FKM Undip “Untuk pedonor tidak hanya dari FKM tetapi juga dari fakultas lain boleh ikut donor darah. Ada juga mahasiswa dari fakultas teknik ikut donor darah. Dan di luar wilayah Undip juga boleh datang untuk donor darah, karena kegiatan donor darah ini terbuka untuk umum.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar