Selasa, 10 Desember 2013

NEW!! E-Vote Pemira BEM FKM Undip



Apa itu Pemira? Pemira adalah pemilihan raya, pemberian suara oleh mahasiswa untuk memilih pasangan ketua dan wakil ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) serta anggota Senat Mahasiswa (SM).

Pemira BEM FKM diadakan setahun sekali dan tahun ini Pemira BEM kembali diadakan. Tanggal 29 November 2013 yang lalu ada TM Kandidat, dilanjutkan tanggal 2-13 Desember 2013 kampanye seluruh kandidat. Suasana Pemira sudah tergambar di setiap sudut wilayah fakultas kesehatan masyarakat.

Kampanye Kandidat (Sumber: doc. pribadi)

Apa saja yang dilakukan di Pemira? Yang pertama adalah pemilihan ketua dan wakil ketua BEM. Tahun ini ada 2 pasang kandidat calon ketua dan wakil ketua BEM. Mereka adalah Kak Alfian dan Kak Rogo dengan nomer urut 1 serta Kak Arief dan Kak Tommi dengan nomer urut 2. Hari tenang Pemira pada tanggal 14-16 Desember 2013. Selain pemilihan Ketua dan wakil ketua BEM, juga ada pemilihan anggota senat dari tiap angkatan. Dan pada tanggal 17 Desember 2013 akan dilaksanakan Pemira di FKM Undip.

Tapi, ada yang baru di pemira kali ini. Pemira tahun ini akan menggunakan sistem E-vote. E-vote? Apa itu e-vote? E-vote adalah elektronik voting yang menggunakan sistem komputer. Keuntungan menggunakan e-vote antara lain, yang pertama hemat. Kenapa? Karena tidak perlu menggunakan kertas dan percetakan. Jadi, dapat dikatakan e-vote dapat menghemat biaya percetakan dan lain-lain. Keuntungan lainnya adalah mudah dan cepat. Dengan menggunakan e-vote, waktu pemilihan dapat berlangsung lebih cepat, praktis dan mudah dalam pelaksanaannya serta penghitungan suara dapat dilakukan dengan cepat, karena tidak perlu menghitung suara secara manual yang dapat memakan waktu yang cukup lama. Sistem e-vote ini juga diharapkan bisa mendukung gerakan go green. Tanpa kertas, pastinya juga akan mengurangi jumlah pohon yang di tebang untuk produksi kertas-kertas tersebut.
Lalu, bagaimana cara menggunakan e-vote? Check it out!

Tata Cara E-Vote (Sumber: doc. pribadi)

Pertama, pemilih menuju meja registrasi. Setelah itu melakukan registrasi dengan tanda tangan, menunjukkan KTM, dan mengambil nomer token lalu menuju gazebo untuk mulai memilih. Ikuti langkah-langkah sesuai perintah yang ada di layar laptop, pertama memilih calon ketua dan wakil bem, lalu dilanjutkan dengan memilih anggota senat. Setelah proses selesai, kemudian mengembalikan nomer token kepada petugas. Dan yang terakhir mencelupkan jari ke tinta sebagai bukti telah melakukan e-vote.

Suara kita untuk FKM. Pemilih Cerdas, Pemira berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar