Rabu, 11 Desember 2013

AtmosPHere Gelar Aksi Hari Gunung Sedunia



Memperingati hari gunung sedunia yang jatuh pada tanggal 11 Desember, Komunitas peduli bumi AtmosPHere FKM Undip mengadakan Campaign International Mountain Day
yang bertemakan Save Our Mountain pada hari Minggu lalu tanggal 8 Desember 2010. Campaign dilakukan di Simpang Lima, Semarang pada pukul 6 sampai sekitar pukul 7 pagi.

Di hari gunung sedunia ini merupakan kesempatan bagi kita semua untuk lebih meningkatkan kesadaran akan bumi. Gunung, terutama gunung merapi merupakan salah satu warisan alam yang terdapat banyak di Indonesia, namun kebersihannya dan kelestariannya belum menjadi perhatian masyarakat. Masih saja ada penggundulan hutan di gunung, rasa acuh, serta kegiatan-kegiatan lain yang merusak kelestarian gunung. Padahal gunung juga merupakan tempat hidup berjuta tumbuhan maupun hewan. PBB telah menunjuk tanggal 11 Desember sebagai hari gunung sedunia. Hari gunung sedunia semakin dikenal di penjuru dunia dan banyak aksi-aksi dari para pemerhati lingkungan tentang peduli gunung yang telah diselenggarakan. Salah satunya adalah Aksi yang digelar oleh komunitas peduli bumi fakultas kesehatan masyarakatan Universitas Diponegoro.

(sumber: twitter @atmos_PH)

Acara ini merupakan serangkaian kegiatan magang calon AtmosPHerian. Ini juga merupakan aksi untuk memberitahukan kepada masyarakat agar selalu menjaga kelestarian dan keindahan gunung, sebagai contohnya tidak membuang sampah dan tidak merusak lingkungan gunung.

Semua peserta membanjiri jalanan Simpang Lima untuk melakukan orasi. Rute aksi mengitari wilayah simpang lima. Setelah itu dilanjutkan dengan sebuah pertunjukan drama. Drama tersebut bercerita tentang bagaimana sikap yang seharusnya dilakukan oleh seorang pendaki yaitu dengan senantiasa menjaga dan merawat gunung yang didaki dengan tidak meninggalkan sampah dan sejenisnya.

Selain itu, ada kegiatan mengamen. Namun, ada yang unik dari mengamen ini karena yang diminta adalah sampah dan bukanlah uang. Esensi dari mengamen sampah ini adalah sebagai cerminan bahwa membuang sampah haruslah pada tempatnya, dan sampah-sampah tersebut nantinya dapat di daur ulang kembali menjadi barang yang lebih bermanfaat dan bernilai ekonomi. Ada juga pembagian souvenir kepada para pengunjung yaitu sebuah stiker bertemakan hari gunung sedunia dan angsa kertas.

Bumi adalah rumah kita sendiri. Karena kita hidup di bumi, sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga kelestarian bumi. Jika kita memberikan hal positif pada alam, alam juga akan memberikan hal positif bagi keberlangsungan kehidupan manusia. Dimulai dari sebuah gerakan atau aksi kecil dapat mempengaruhi perubahan yang besar.

Selamat Hari Gunung Internasional. Let's Save Our Mountain!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar