Selasa, 03 Desember 2013

Ruang Biostatistik Kebakaran



Jum’at, 29 November 2013, terjadi peristiwa yang menggemparkan di kampus fakultas kesehatan masyarakat Undip. Ruangan Biostatistik yang berlokasi di gedung C FKM Undip menjadi korban si jago merah.
Bau asap kebakaran tersebar merata di seluruh penjuru ruangan. Terbakarnya ruangan Biostatistik membuat para dosen, staff, serta mahasiswa panik.

Atap ruangan
(Sumber: doc. pribadi)

Menurut salah satu mahasiswa fakultas kesehatan masyarakat, kebakaran ini mungkin terjadi pada dini hari atau pagi hari. Kebakaran terjadi sekitar pukul 6. Ia menambahkan bahwa terbakarnya ruangan biostatistik dikarenakan satpam atau petugas yang berjaga kurang mengontrol apakah AC, komputer, ataupun alat listrik lainnya sudah dimatikan atau belum. Dan lagi, memang ruangan biostatistik kerap ditinggalkan dengan keadaan alat listrik yang masih menyala. Karena itulah mungkin saat ruangan ini sudah dalam keadaan kosong dengan alat-alat listrik yang menyala tersebut terjadi konsleting arus listrik yang menyebabkan terbakarnya ruangan ini.


Suasana pasca kebakaran (sumber: doc. pribadi)

Ruangan biostatistik terlihat penuh dengan debu tebal dan gelap, bahkan ruangan disekitarnya beserta musholla pun ikut tertutup debu tebal dan tercium aroma terbakar yang menyengat dari dalam ruangan biostatistik.

Untuk sementara ruang biostatistik akan pindah menempati ruangan sementara. Ibu Sri Winarni, salah satu dosen biomedik dasar berkata, “saya sangat sedih ruangan saya kebakaran. Namun hal positifnya saya akan memiliki ruangan biostat baru nantinya setelah selesai diperbaiki.”

Selain para dosen yang menyayangkan terbakarnya ruangan biostatistik, para mahasiswa pun juga merasakan hal yang sama dikarenakan nilai biomedik dasar yang telah diperoleh dengan penuh perjuangan terpaksa hilang karena peristiwa kebakaran tersebut. Ibu Sri Winarni berkata, “Semoga saja operator di Biostat telah membackup nilai-nilai kuis. Namun, jika tidak terpaksa nilai kalian hilang. Ikhlas ya.. tidak apa-apa kan?"

Sampai hari Sabtu (30/11/2013) ruang biostatistik masih dalam proses pembersihan dan perbaikan. Semoga saja peristiwa ini tidak terulang kembali baik di lingkungan FKM maupun di fakultas-fakultas Undip lainnya, dan dapat dijadikan pelajaran untuk seluruh warga FKM Undip agar selalu teliti, tidak ceroboh dan mematikan semua alat listrik ketika akan meninggalkan ruangan. Dan untuk petugas yang berjaga sebaiknya selalu mengecek kembali setiap ruangan secara rutin dan memastikan semuanya telah aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar